Partisipasi Besar Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Heart of Borneo, Sabah

Partisipasi Besar Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Heart of Borneo, Sabah - Borneo Fan
Partisipasi Besar Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Heart of Borneo, Sabah

Penjelasan kepada Chief Minister of Sabah, Yang Amat Berhormat Tan Sri Datuk Seri Panglima Musa Haji Aman

Kota Kinabalu, Sabah, Heart of Borneo atau jantung Borneo merupakan program konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan dan juga mencakup wilayah Brunei Darussalam. Program ini telah disepakati bersama antara ketiga Negara tersebut untuk dikelola berdasarkan prinsip-prinsip konservasi dan pembangunan berkelanjutan. Istilah Heart of Borneo atau HoB kemudian digunakan sebagai nama suatu inisiatif tiga Negara tesebut yang telah dideklarasikan sejak 12 Februari 2007. Inisiatif HoB mengusung program konservasi dan pembangunan berkelanjutan tertuang dalam Rencana Aksi Strategis (Strategic Plan of Action/SPA).

Dalam rangka memperingati 10 Tahun HoB (Heart of Borneo), Inisiatif 3 Negara Indonesia –Malaysia dan Brunei mengadakan Konferensi Internasional ke-9 tentang Heart of Borneo dengan tema "A Decade Heart of Borneo (HoB) Initiative – Accomplishment and The Way Forward " di Magellan Harbour Resort Kota Kinabalu Sabah pada tanggal 24 - 25 Oktober 2017.

Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum sebagai bagian dari Heart of Borneo (HOB) Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui keikutsertaan dalam konferensi dan Expo. Expo BBTNBKDS menampilkan potensi keanekaragaman hayati Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum, pencapaian pengelolaan TNBK dan TNDS di Heart Of Borneo khususnya dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

Tuan Rumah kegiatan konferensi ini adalah Negara Bagian Sabah Malaysia. Konferensi ini dibuka oleh Chief Minister of Sabah, Yang Amat Berhormat Tan Sri Datuk Seri Panglima Musa Haji Aman. Tujuan konferensi ini adalah untuk berbagi pencapaian Inisiatif HoB saat ini selama satu dekade pelaksanaannya, untuk menilai ulang aktivitas utama yang sangat penting bagi HoB dan tanggung jawab pemangku kepentingan oleh sektor-sektor utama; dan untuk mensinergikan dan mengkoordinasikan prgram dan kegiatan untuk mewujudkan Inisiatif HoB

Konferensi dilanjutkan dengan Sidang Pleno tentang "Pencapaian satu dekade-Pengelolaan Lintas Batas", dan diikuti dengan diskusi panel yang berfokus pada empat ( 4) wilayah program yaitu pada (i) Pengelolaan Kawasan Lindung, (ii) Pengembangan Pariwisata-Lingkungan, (iii) Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari dan (iv) Pengembangan Kapasitas.
Para narasumber sebanyak 42 pembicara yang berasal dari Pihak pemerintah, NGO, dan Sektor swasta.

Dalam kunjungan ke stand pameran BBTNBKDS, Chief Minister of Sabah, Yang Amat Berhormat Tan Sri Datuk Seri Panglima Musa Haji Aman berterimakasih kepada pihak Balai Besar TNBKDS yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap kegiatan ini meningkatkan kerjasama inisiatif 3 Negara dalam rangka berbagi pengalaman dalam mengelola kawasan konservasi. Dalam penjelasannya di stand BBTNBKDS, Murlan Dameria Pane selaku Kepala Bagian Tata Usaha menjelaskan beberapa program kegiatan di TNBK dan TNDS dan pentingnya TNBK sebagai kawasan konservasi lintas negara antara Indonesia dan Malaysia.

Konferensi ini dihadiri sekitar 900 peserta, yang berasal dari berbagai sektor baik itu pemerintah, NGO lokal dan internasional, perguruan tinggi dan sektor swasta. Seiring dengan pelaksanaan konferensi tersebut, dilaksanakan juga penandatanganan delapan (8) Nota Kesepahaman antara Pemerintah Negara Bagian Sabah Jabatan Perhutanan Sabah dan berbagai pihak.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Sumber : http://ksdae.menlhk.go.id/berita/1833/partisipasi-besar-balai-besar-tn-betung-kerihun-dan-danau-sentarum-di-heart-of-borneo,-sabah.html (24 Oktober 2017)
SHARE WhatsApp

Borneo Terkait

Posting Komentar