Gubernur Kalbar Buka Konferensi Antarbangsa Islam Borneo

Gubernur Kalbar Buka Konferensi Antarbangsa Islam Borneo - Borneo Fan
Gubernur Kalbar Buka Konferensi Antarbangsa Islam Borneo

Pontianak - Gubernur Kalbar H Sutarmidji membuka kegiatan Konferensi Antar Bangsa Islam Borneo (KAIB) ke XI di salah satu hotel ternama jalan A.yani, Pontianak, Dalam Kegiatan KAIB ke XI itu mengambil tema Islam Dalam Ledakan Era Digital di Borneo dimana ratusan peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam turut hadir dalam Welcoming Dinner dan Opening Ceremony tersebut.

Konferensi Antar Bangsa Islam Borneo bekerjasama antara IAIN Pontianak dengan UiTM Sabah (Malaysia), Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA, Brunei Darussalam), Kolej Universitas Perguruan Agama Seri Bengawan (KUPUSB, Brunei Darussalam), Universitas Mulawarman (UNMUL) dan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) akan dilaksanakan selama tiga yang dimulai tanggal 24 sampai 26 September 2018 itu, Gubenur Kallbar juga memperkenalkan keindahan dan kekayaan alam Kalimantan Barat kepada para peserta konferensi yang berasal dari mancanegara.

Gubernur Kalbar H Sutarmidji mengatakan, pentingnya menunjukan identitas keislaman yang rahmatan lil alamin yang tidak mendiskreditkan agama maupun suku. Dalam Islam sendiri sudah jelas dikatakan bahwa urusan keagamaan menjadi tanggung jawab masing-masing pemeluk agama.

Sesuai dengan pada Alquran Surah Al-Kafirun yang artinya bagimu agamamu, dan bagiku agamaku," kata H Sutarmidji. Dalam islam juga dikatakan perbedaan suku tidak untuk berpecah belah, melainkan untuk saling mengenal satu sama lainnya, Ungkap Sutarmidji. Lanjutnya, di masa Rasullah bahwa kota Madinah merupakan gambaran ideal bangsa yang dihendaki oleh ajaran Islam. Karena masyarakat Madinah dibangun dengan pondasi yang kokoh berlandasankan tauhid, toleransi dan keshalelahan social.

Konstitusi Madinah merupakan satu bukti bahwa Islam sangat menghormati dan menghargai agama dan suku yang berbeda, jelasnya. Kalbar merupakan daerah yang pontensi dan dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa, seperti kalbar dilalui Garis Khatulistiwa jadi tidak perlu keliling dunia lagi, cukup kaki kita berada disebelah utara dan selatan di tugu Khatulistiwa kita sudah keliling dunia.(NR)

Sumber : http://kalbarprov.go.id/berita.php?landing=3477 (Rabu, 2 Januari 2019 15:53 WIB)
SHARE WhatsApp

Borneo Terkait

Posting Komentar