Pelaksanaan The 10th Heart of Borneo Trilateral Meeting di Bandar Seri Begawan

Pelaksanaan The 10th Heart of Borneo Trilateral Meeting di Bandar Seri Begawan - Borneo Fan
Bandar Seri Begawan, The 10th Heart of Borneo Trilateral Meeting pertemuan rutin tahunan yang diselenggarakan untuk mengimplementasikan inisiatif Heart of Borneo (HoB), yaitu inisiatif trilateral dari Pemerintah ketiga negara (Brunei Darussalam, Indonesia, dan Malaysia) dalam upaya perlindungan sumber daya hutan yang tersisa di wilayah Borneo dari penyalahgunaan, serta memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Borneo.

Pertemuan dihadiri oleh delegasi dari Brunei Darussalam, Indonesia, dan Malaysia (Negara bagian Sabah dan Sarawak). Dalam kesempatan tersebut, Delegasi RI (DELRI) diketuai Wakeppri KBRI Bandar Seri Begawan dan beranggotakan unsur-unsur dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (Direktorat KK, Direktorat PJLHK, Direktorat KKH, Kepala Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum, Kepala Bidang Teknis Konservasi BBTNBKDS, Perwakilan dari TN Kayan Mentarang), Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI, Bappeda Kalimantan Utara, serta Sekretaris Kedua Fungsi Politik. Hadir pula perwakilan dari WWF Indonesia, ADB (Asian Development Bank), FORMADAT (Forum Masyarakat Dataran Tinggi), serta Alas Kusuma Grup sebagai observer.

Pertemuan dibuka secara resmi oleh Yang Mulia Dr. Haji Abdul Manaf bin Haji Metussin, Permanent Secretary pada Kementerian Sumber-Sumber Utama dan Pelancongan NBD. Adapun agenda yang dibahas pada pertemuan ini terdiri dari 12 agenda yaitu: 1) sambutan pembukaan oleh outgoing chairperson, 2) pemilihan chairperson dan vice chairperson, 3) sambutan chairperson terpilih, 4) adopsi agenda, 5) business arrangement, 6) penyampaian country report, 7) tindak lanjut terhadap pembahasan dan keputusan pada Trilateral Meeting HoB ke-9, 8) report of the 1st HoB Technical Committee on Join Project and Activities, 9) other matters atau hal-hal lain yang perlu untuk disampaikan, 10) HoB partners dialogue session, 11) adopsi laporan dan 12) waktu dan lokasi pelaksanaan Trilateral Meeting HoB ke-11.

Salah satu pokok hasil pertemuan yang disampaikan yaitu Penyampaian Country Report oleh masing-masing negara anggota HoB terkait kemajuan dan perkembangan yang telah dilakukan dalam implementasi inisiatif HoB setelah pelaksanaan Trilateral Meeting HoB ke-9 di Sandakan - Malaysia. Pada kesempatan ini Indonesia menyampaikan perkembangan kegiatan di wilayah HoB yang terdiri dari mainstreaming HoB, transboundary management, protected area management, sustainable natural resources management, ecotourism development, capacity building, biodiversity conservation dan climate change.

Pertemuan ditutup dengan menyepakati bahwa the 11th HoB Trilateral Meeting akan diselenggarakan di Indonesia pada bulan Oktober 2017 (tentatif)

Sumber: Direktorat Kawasan Konservasi

Sumber : http://ksdae.menlhk.go.id/berita/192/pelaksanaan-the-10th-heart-of-borneo-trilateral-meeting-di-bandar-seri-begawan.html (5 September 2016)
SHARE WhatsApp

Borneo Terkait

Posting Komentar