Bumi Borneo

Bumi Borneo - Borneo Fan
Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan terletak antara pulau Sumatra dan Sulawesi dengan luas wilayah 736.000 km3. Literatur barat umumnya menyebut Kalimantan dengan nama Borneo yang berasal dari kata Brunai. Kesultanan Brunei yang terletak di pesisir utara dahulu pernah menguasai sebagian besar wilayah barat serta utara pulau Kalimantan.

Dari dalam negeri, kitab Nagarakartanama pupuh XIV/1 menyebut Kalimantan dengan nama Barune (ng). Menurut Slametmulyna, Barune (ng) adalah Brunei, kerajaan di bagian barat Kalimantanyang biasa disebut dengan nama Pu-ni dalam berita Cina (Slametmulyana).

Arti kata Kalimantan dalam bahasa lokal adalah pulau yang memiliki banyak sungai (Kali= Sungai, Mantan=Banyak). Itu sebabnya Kalimantan dikenal dengan juga dengan julukan ‘pulau seribu sungai’ tercatat kurang lebih 58 sungai diseluruh wilayah pulau ini. Nama lain yang juga dikenal oleh penduduk Kalimantan adalah Bangawan Bawi Lewu Telo.

Pulau Kalimantan Sangat Strategis

Letak pulau Kalimantan yang cukup stategis di tengah kepulauan asia tenggara juga menjadi perhatian di masa kemudian. Diduga para pelaut Cina sudah berhubungan dengan penduduk pulau ini sejak masa dinasti Han (206 SM-220 M). Posisi pulau Kalimantan di Jalur perdagangan laut yang cukup ramai menjadikan tempat singgah para pedagang Cina. Kapal-kapal bersandar untuk mengangkut produk lokal yang mempunyai nilai jual cukup tinggi salah satunya adalah kayu-kayu dan resin.

Sumber : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/pulau-kalimantan/ (February 6, 2019)
SHARE WhatsApp

Borneo Terkait

Posting Komentar